Friday, August 21, 2015

5 ALASAN DAN PENYEBAB SERING TERBANGUN TENGAH MALAM


Ahmad-Collections, Bogor: Hampir kebanyakan orang terbangun saat tengah malam. Kenapa ? Menurut Jose Colon, MD, penulis Buku "The Sleep Diet" hal ini normal dan memang bagian dari DNA manusia. Bahkan Jose mengatakan dalam bukunya bahwa terbangun 4-6 kali masih juga dianggap normal.
Ada 5 alasan kenapa anda sering terbangun tengah malam, dan berikut alasannya:

1. Buang air kecil
Sering buang air kecil itu biasanya karena Anda terlalu banyak minum sebelum tidur. Beberapa ahli menyarankan untuk menambahkan sedikit garam pada air 30 menit sebelum Anda tidur agar tidak terlalu 
sering buang air kecil. Sebab, tubuh Anda mencoba untuk mempertahankan keseimbangan internal air dan elektrolit. Sehingga, terlalu banyak air tanpa cukup garam, maka tubuh Anda mungkin mencoba untuk membuang beberapa H20 saat malam hari. Padahal garam itu membantu air masuk ke semua sel-sel tubuh Anda.

2. Kepanasan
Menurut National Sleep Foundation (NSF), merasa panas dapat membuat sulit tidur nyenyak tanpa terjaga. Jadi, pastikan suhu ruangan, baju, seprai dan selimut Anda pakai sudah bisa menjaga tubuh Anda berada pada suhu yang tepat. Biasanya orang-orang dapat tidur nyaman pada suhu antara 60 dan 65 derajat fahrenheit. Selain itu, NSF juga menyarankan untuk mandi sebelum tidur dengan menggunakan air hangat. Karena ini bisa mengurangi rasa panas Anda pada tubuh sehingga Anda bisa tidur dengan nyaman.

3. Update media sosial
Hati-hati, sering memegang ponsel untuk memposting atau mencari tahu sesuatu di media sosial saat malam hari bisa membuat melatonin, hormon tubuh Anda berhenti. Cahaya dari layar smartphone cenderung terlalu dekat dengan Anda sehingga bisa membuat tidur Anda terganggu nantinya. Jadi, solusinya, Anda jangan terlalu sering memegang ponsel pintar Anda saat malam hari dan tidurlah dalam keadaan lampu kamar yang mati.

4. Alkohol
Minum alkohol dapat membuat Anda mengantuk tapi juga bisa mengganggu tidur Anda. Mengapa? Alkohol punya efek sedatif yang saat Anda minum bisa memudahkan Anda tidur. Namun, setelah beberapa jam saat alkohol dicerna metabolisme, Anda pasti akan terbangun lagi tanpa bisa tidur kembali. Jadi, jangan minum alkohol bila tidak ingin istirahat Anda terganggu

5. Stres
Entah apa itu, akan tetapi apapun yang membuat Anda stres pasti bisa berdampak dengan jam tidur Anda. Anda akan memiliki gangguan tidur termasuk kerap bangun di malam hari. Para psikolog mengimbau untuk Anda melakukan yoga atau meditasi saat Anda merasa stres agar tidak mempengaruhi tidur Anda. Karena kurang tidur selain buruk untuk kesehatan juga tidak baik untuk fungsi otak Anda.

Semoga Bermanfaat, Please Share this article if it has benefit for you :)

Share this

0 Comment to "5 ALASAN DAN PENYEBAB SERING TERBANGUN TENGAH MALAM"

Post a Comment